Alasan Bodoh Mahasiswa

Solidaritas ketika ban bocor
Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang lamban bahkan bisa jadi tidak tamat dalam menyelesaikan masa studi ketika kuliah, hal-hal yang seringkali dianggap sepele oleh mahasiswa ternyata dapat berakibat fatal apabila tidak bisa mengontrolnya dengan baik. Berikut adalah hal yang paling lazim yang menyebabkan seseorang lambat dalam menyelesaikan masa studi ketika kuliah, cekidot bro :

1.     Organisasi
Organisasi pada masa-masa kuliah selalu menggoda karena biasanya di kampus-kampus banyak terdapat organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing mahasiswa, jadi kita kerap kali tergoda untuk ikut dengan organisasi sehingga tidak memperhitungkan resiko akan terganggunya proses studi kita. Saya sendiri adalah seorang yang juga aktif di dalam sebuah organisasi semasa kuliah karena niat saya untuk terjun dalam organisasi adalah tidak lain untuk mengasah soft skill saya sehingga tidak hanya memiliki kemampuan secara akademis. Organisasi adalah baik untuk mereka yang benar-benar memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang positif dalam organisasi sehingga jiwa-jiwa kepemimpinan dan karakter seseorang akan terbentuk tanpa disadari. Banyak juga yang mencemooh seseorang ketika ia berkecimpung di dunia organisasi ketika kuliah, dibilang sok sibuk lah, sok aktivis lah, sok peduli lah, tetapi sebenarnya itu hanya suara-suara sumbang orang-orang yang tidak mampu berbuat banyak. Tidak sedikit juga yang khilaf karena terlalu asik ikut organisasi sehingga mereka lupa akan tugas-tugas dan agenda kuliah lainnya. Biasanya orang dengan tipe ini tidak hanya mengikuti satu atau dua organisasi tetapi banyak organisasi yang digelutinya, mulai dari organisasi formal sampai hanya sekedar penggemar filem korea.
Nah ini ketika Genta Andalas ngadain acara lomba debat

2.    Teman
Sebenarnya antara teman dan pacar hampir sama saja efeknya, tetapi akan saya coba bedakan nanti. Kali ini teman dulu bro, yap benar sekali teman itu ada banyak macam dan ragamnya dan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita semasa kuliah. Rasa solidaritas yang tinggi kadang telah membutakan kita untuk ikut membela dan bersama teman secara terus menerus sehingga menimbulkan ketergantungan, istilahnya friend addict. Ketahuilah bro menurut penelitian oleh salah seorang ilmuwan di Amerika yang saya lupa namanya bahwa seseorang akan memiliki teman baru dan cenderung akan melupakan teman yang lama dalam kurun waktu sekali dalam tujuh tahun. Misalnya saya hobi bermain futsal maka teman saya sudah barang tentu banyak yang juga hobi futsal, banyak hobi-hobi lainnya yang mampu menggalang teman sehingga ada satu kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah ketika kita hanya mau berteman dengan orang yang memiliki pandangan yang sama dengan kita. Its a big mistake. Fatalnya adalah pandangan yang menganggap kuliah itu tidak penting dan hanya menghabiskan waktu, nah disini sering kali kita terjebak akibat dari prinsip friendship yang membabi buta. So be careful bro. Saran ane carilah teman sebanyak-banyak nya baik itu yang tidak satu visi dengan mu. 
yang tertawa itu namanya amrul, dia teman saya dan yang sibuk dengan hape itu namanya ajo

3.    Pacar
Kenapa saya tulis pacar? Karena kalau cewek sedang pembaca saya juga ada cowok dan sebaliknya, jadi biar adil pacar saja. Hampir semua dari kita sewaktu kuliah mengingikan adanya teman yang lebih dekat yang bisa memberikan perhatian lebih kepada kita dengan alibinya adalah kita butuh perhatian. Sebenarnya itu hanyalah fatamorgana yang sebenarnya tidak perlu tetapi itu juga tidak ada norma yang melarang untuk memiliki teman dekat atau pacar selagi positif. Nah parahnya adalah ada juga sebagian dari kita yang juga melakukan itu secara membabi buta sehingga tidak lagi peduli dengan lingkungan sekitar apalagi dengan studi kita sendiri nama lain dari penyakit ini adalah mabuk cinta keparat. Hal konyol yang bisa saja terjadi adalah sang cowok bisa saja dengan rela merelakan masa studinya lambat demi membantu sang pacar agar tamat lebih cepat, nah lho. Bisa juga begini, sang pacar meminta untuk tamat dan wisuda di waktu yang sama sehingga ya kita dengan rela menuruti permintaan dengan alibi adalah setia dan sayang, cuih!.
Pacaran

4.    Mastubrasi
Agak sedikit ekstrem memang istilahnya tetapi ya itu sebenarnya biasa saja istilah yang sudah sangat lazim. Apa itu mastubrasi dalam kuliah? Ya bisa saja itu yang sedang anda fikirkan dan yang saya maksud disini adalah mastubrasi itu lebih kepada tipe mahasiswa yang senang mencari kesibukan sendiri. Contohnya saja ketika kita tergila-gila dengan yang namanya game online yang memaksa jiwa dan raga kita untuk rela begadang demi menyelesaikan misi-misi yang ada dalam permainan tersebut. Pada dasarnya semua jenis permainan akan mencapai puncak jenuh dan disana kita baru menyadari bahwa telah banyak tugas kuliah yang tidak dikerjakan. Mastubrasi bentuk lain adalah mencari kesenangan pribadi dengan fasilitas yang diberikan orang tua, misalnya diberikan uang yang banyak lalu digunakan untuk membeli hal-hal yang sebenarnnya tidak penting, dibelikan motor lalu kebut-kebutan, dan sebagainya demi kepuasan pribadi dan rasa bangga yang lebih mengarah kepada sombong.

Itulah empat hal yang menurut saya seringkali menjadi momok bagi kita dalam menyelesaikan kuliah, saya hanya mengingatkan bahwa semua orang tua pasti menginginkan ada toga di kepala anaknya ketika anaknya itu sudah kuliah dan gunakanlah waktu dengan baik dan efektif. Hal-hal diatas juga dapat membantu kita dalam perkuliahan asalkan tahu bagaimana membagi waktu dengan kegiatan kuliah.


Pekanbaru, 12 Agustus 2014

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

Gadih Minang (Sakola atau Balaki?)

TRAGEDI 26 MEI 2011 . ( PART II )