Balada Sarjana Muda (Edisi Psikotest)


Semua orang pasti tahu dengan yang namanya psikotes, minimal pernah mendengar kata psikotes dan sebagian lain pernah menjalani tes yang menggelikan ini. Berikut adalah percakapan menarik terkait dengan psikotes, percakapan antara dua orang anak muda yang baru saja lulus kuliah :
Charlie        : (ketika tengah asik duduk di cafe kampus), hey cok, akhir-akhir ini aku kesal banget dengan yang namanya psikotes, bukan soal apa tetapi tes ini sungguh aneh,”.
Ucok            : (ucok yang juga baru lulus kuliah) “iya nih bro, itu tes aneh banget ga pernah kita belajar sewaktu sekolah”.
Charlie     : “padahal aku bermimpi ingin bekerja di perusahaan itu Cok, aku sudah membayangkannya sejak kecil dan selalu aku katakan kepada kedua orang tua ku”.
Ucok            :”pasti orang tua mu tidak paham kalau kau bilang kau tidak lulus psikotes”.(sambil menggigit sedotan yang sudah memutih)
Charlie           : “sudahlah cok, sulit untuk dijelaskan,”

Tiba-tiba pak dosen datang,.....
Pak Dosen     : “hey sarjana muda...tumben kalian masih nongkrong di kafe campus,? Kerja dimana,?
Charlie         : (pertanyaan pak dosen sungguh menyakitkan hati mereka), kami lagi bingung pak soal psikotes,” ketus sekali.
Pak Dosen     : “hahahahhaha...(dengan gaya wibawa seorang dosen) ..ehem, saya katakan kepada kalian bahwa psikotes bukanlah ukuran manusia bisa beradaptasi atau sukses ditempat ia akan bekerja,”
Ucok            : “jadi kenapa harus ada psikotes dong pak,” (mulai keluar logat bataknya)
Pak Dosen     : “karena kalian telah masuk dalam sistem, hahahahhaha....jika ingin maka keluarlah dari sistem,” (Pak dosen berlalu tanpa membayarkan minuman mereka)
Charlie          : “ benar juga Cok, zaman dahulu ga ada psikotes toh manusia bisa berkembang dan menurut mereka sukses pada zaman dulu,”
Ucok            : “entahlah bro, aku mulai tidak mengerti mungkin kita lelah sebagai sarjana muda yang tidak kunjung dapat kerja bro,” -_-
Charlie          : “atau jangan-jangan kita ga waras Cok, buktinya kita tidak lulus psikotes yang katanya juga tes kejiwaan,”
Ucok            : “ah Sudahlah, (sedotan yang ia gigit putus)


Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

Gadih Minang (Sakola atau Balaki?)

TRAGEDI 26 MEI 2011 . ( PART II )